Tentang Kami

Menjawab Batin yang Memanggil

Kami mendirikan komunitas Talataaki pada tahun 2017 semula hanya dengan sebuah kehendak yang sederhana, membuka panggung bagi para abdi seni kacapi suling Sunda yang tinggal di kampung-kampung, syukur-syukur jika itu malah dapat membuat musik yang indah ini kembali diminati orang. Namun, seiring waktu berlalu, teman-teman mengajak kami untuk juga memberikan perhatian kepada seni tradisi Indonesia lainnya yang hampir tidak lagi dikenal luas saat ini.

Komunitas Talataaki bersifat nirlaba, tidak berpolitik dan terbuka bagi siapa saja yang tertarik, atau mungkin memiliki tugas kehidupan yang sama, dengan apa yang kami lakukan.

Nama “Talataaki” sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Sunda yang dilekatkan menjadi satu, yaitu “Talatah” yang berarti “pesan” dan “Aki” yang berarti “kakek”. Pesan itu bukan sesuatu yang harus diterima melalui mimpi atau bisikan batin, tetapi juga dalam ajaran luhur tentang hidup dan segala gagasan tentang melakukan hal-hal yang baik.

Para Pendiri

Iwan Toruan

PENDIRI

Bekerja sebagai seorang praktisi dalam bidang pengembangan sumber daya manusia pada sebuah perusahaan properti besar di Jakarta. Sering berkelana ke tempat-tempat yang menarik di seluruh Indonesia, namun yang paling disukainya adalah diam berlama-lama bersama alam Gunung Salak yang indah, seraya mendengarkan nada-nada kacapi suling Sunda yang membuai.

Zeira Soraya Indraswari

PENDIRI

Zeira adalah salah seorang pendiri Talataaki. Terlahir dalam keluarga Jawa yang sangat teguh dalam memegang tradisi lama, dia telah dikelilingi oleh ide-ide spiritual sejak usianya masih sangat muda. Kehidupan kemudian membawa batinnya mengembara jauh untuk mengenal kesejatian diri. Kini, bersama Iwan Toruan, Zeira mencurahkan waktu bagi musik kacapi suling Sunda.

Entis Sutisna

PENDIRI

Sering bersama Iwan dan Soraya menyusuri jalan-jalan sunyi di Gunung Salak. Tinggal di Pondok Bitung, sebuah kampung kecil di kaki Gunung Salak. Sehari-hari berjualan tanaman hias untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Pernah bertahun-tahun menjadi penjaja bunga hias pikulan yang memanggul dagangannya berkeliling daerah-daerah dekat kota Rangkasbitung, perjalanan jauh yang dimulainya saat pagi masih gelap dengan menaiki kereta, dan harus telah kembali sebelum senja tiba. Lelaku kehidupan saat ini yang diterimanya dengan sadar dan sabar.

Kontak Kami

KOMUNITAS TALATAAKI
Dramaga Cantik Residence Blok E No. 17
Jl. Raya Dramaga Km 8, Dramaga, Bogor Barat 16680
Mobile: +62 0811-136-1122
Email: information@talataaki.com